Senin, 27 Juni 2011

PERBEDAAN DASAR SISTEM OPERASI WINDOWS LINUX DAN MACOS

PERBEDAAN DASAR SISTEM OPERASI WINDOWS, LINUX, DAN MACOS
rabu tgl 22 juni, 2011 Diposkan oleh JAHRI
Label: Software, tugas

I. Pendahuluan

Sistem operasi merupakan sebuah software yang bertugas untuk mengontrol dan memanajemen hardware serta operasi-operasi dasar yang ada pada sistem, termasuk menajalankan program-program yang ada. Sistem operasi dapat juga dikatakan sebagai penghubung antar user komputer dan hardware komputer. Sebelum ada sistem operasi, orang hanya mengunakan komputer dengan menggunakan sinyal analog dan sinyal digital.

Seiring dengan berkembangnya pengetahuan dan teknologi, pada saat ini terdapat berbagai sistem operasi dengan keunggulan masing-masing. Ada berbagai macam system operasi yang telah dikenal oleh user dan telah digunakan. Beberapa diantaranya yaitu Windows, Linux, Mac OS, dan Symbian OS.

II. Pembahasan

Untuk pembahasan ini akan dibahas perbedaan dari tiga system operasi yang sudah tak asing lagi bagi user, yaitu Windows, Linux, dan Mac OS. Dari ketiga system operasi tersebut mempunyai keunggulannya masing-masing. Misal untuk Linux keunggulannya pada jaringan, sedangkan untuk Mac OS keunggulannya pada GUI atau grafik. Untuk lebih jelas tentang perbedaan dari ketiga system operasi tersebut maka akan di ambil dari sudut pandang kelebihan dan kekurangan dari masing-masing sistem operasi.

A. Windows

Microsoft windows adalah sistem operasi computer berbasiskan GUI yang paling banyak digunakan oleh user didunia. Awal mula munculnya windows yaitu dari QDOS (Quick and Dirty Operating System) yang ditulis oleh TIM Paterson dari Seattle Computer pada tahun 1980. Kemudian Bill Gates dari Microsoft membeli lisensi QDOS dan pada tahun 1981 diganti nama menjadi MS-DOS. Dan sekarang perkembangan windows mengalami perubahan yang signifikan dari awal mula munculnya windows. Adapun keunggulan dan kelemahannya adalah sebagai berikut

a. Keunggulan

Sistem operasi yang user-friendly.
Dukungan hardware yang lengkap, aplikasi bagi platform Windows lebih banyak.
Memiliki pengaturan control akses yang canggih dibandingkan dengansistem operasi yang lain, dikarenakan tidak semua orang dapat mengakses data secaya bebas terhadap semua objek tertentu.
Mendukung system berkas partii dengan fomat FAT, FAT16, FAT32, NTFS, juga iso9660.
Mendukung Sistem Berkas Terenskripsi ( EFS ). Sistem ini digunakan untuk memproteksi data- data yang penting agar tidak dapat di buka oleh user lain apalagi komputer lain.

b. Kelemahan

Mudah sekali tertular virus.
Harga lisensi terlau sulit dan dijangkau oleh user secara keseluruhan
Tidak ada efek tiga dimensi dan memiliki resolusi gambar terlalau rendah.

B. Linux

Linux diciptakan oleh Linus Torvalds pada tahun 1991 di Finlandia, saat itu Linus adalah seorang mahasiswa ilmu komputer di Universitas Helsinki. Pada awalnya Linux masih sangat sederhana dan belum memiliki kekuatan seperti UNIX komersial yang telah mapan. Tetapi dengan bantuan para hacker, Linus terus mengembangkan Linux dan akhirnya memliki kemampuan yang dapat disejajarkan dengan sistem operasi komersial lainnya. Lisensi Linux dipegang oleh Linus Torvalds, sebagai penghormatan atas hasil jerih payahnya mengembangkan Linux.

Linux mempunyai mempunyai pendistribusian yang memaketkan kumpulan aplikasi-aplikasi yang khusus digunakan oleh linux dan berusaha untuk menggabungkannya sehingga dapat menjadi system operasi yang berbasis linux yang sering disebut distro linux. Ada beberapa distro linux yang telah berkembang yaitu Suse, Debian, Redhat, Ubuntu, Mandrake, Slackeware, Blankon, dll. Kelebihan utama yang dimiliki oleh linux adalah pada sistem jaringannya. Adapun keunggulan dan kelebihan lainnya adalah sebegai berikut :

a. Kelebihan

Sistem operasi yang tahan tertular virus.
Linux juga stabil, sehingga menjadi platform mayoritas bagi server internet, hingga industri perfilman.
Linux juga sangat baik digunakan untuk jaringan.
Linux merupakan sistem operasi bebas dan terbuka. Sehingga dapat dikatakan, tidak terdapat biaya lisensi untuk membeli atau menggunakan Linux.
Linux adalah sistem operasi yang sejak lahir murni multiuser dan multitasking.

b. Kelemahan

Masih belum banyak software yang cocok dijalankan di linux.
Beberapa hardware yang sepertinya sulit untuk menyediakan driver untuk Linux.

C. Mac OS

Mac OS adalah OS yang di keluarkan oleh Apple Inc untuk sistem komputer Machintos. Mac OS di populerkan oleh Graphical User Interface nya yang interaktif dan menarik. Tidak seperti Linux, Mac OS bukan lah open source dan hanya bisa berjalan pada komputer berarsitektur Apple. Mac OS di bagi dalam dua kategori, yang pertama adalah Mac OS klasik Sistem yang di keluarkan Apple pada tahun 1984 sampai versi Mac Os 9. Dan Mac OS X yang menjadi versi yang terbaru. Adapun kelebihan dan kekurangan yang dimiliki system operasi Mac OS ini adalah sebagai berikut :

a. Kelebihan

Tampilan yang lebih glossy sehingga bagus untuk desain grafik/multimedia.
Tidak mudah terserang virus, Karena dirancang oleh security oriented.
Ada program “sherlock“ yang tidak hanya mencari file pada harddisk dan dalam jaringan lokal, tapi juga dapat beraksi di Internet dan mencari berdasarkan keyword.
High Performance khususnya untuk MAC OS X yang dapat untuk melakukan semua hal dalam menjalankan aplikasi dengan kecepatan baik.

b. Kelemahan

Software untuk OS ini belum begitu lengkap seperti pada windows.
Harganya masih terlalu mahal.
Seakan hanya ditujukan untuk pendisain grafis.
Kurang cocok untuk aplikasi server dan game.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh Mac OS.

III. Kesimpulan

Sistem operasi yang kita ketahui saat ini memberikan keunggulan dan kelebihan masing-masing yang ditujukan kepada user agar bisa menggunakan sistem operasi yang sesuai kebutuhan. Dari penjelasan ketiga sistem operasi tentang kelebihan dan kekurangannya tadi, kita dapat menemukan perbedaan dari maing-masing system operasi. Sistem operasi Windows adalah system operasi yang user-friendly dan banyak software yang mendukung system operasi ini. Untuk sistem operasi linux lebih cocok digunakan untuk membuat jaringan karena system operasi ini lebih stabil. Sedangkan Mac OS unggul dalam Graphic User Interface (GUI), sehingga lebih cocok untuk melakukan editing grafik/multimedia menggunakan sistem operasi ini. Meskipun mempunyai perbedaan antar sistem operasi, namun fungsi dan tujuan semua system operasi itu sama dan kita hanya dituntut untuk memilih sesuai dengan kebutuhan yang kita inginkan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar