Senin, 27 Juni 2011

Instalasi Ubuntu Studio 9.10 (bagian 2)

Instalasi Ubuntu Studio 9.10 (bagian 2)

Ubuntu studio adalah distro Linux yang berbasis pada Ubuntu, namun lebih menonjolkan sisi multimedia dibandingkan office dan internet. Terbukti, aplikasi office yang terinstal hanyalah Dictionary saja. Sedangkan untuk internet, hanya sebatas browser firefox saja. Instalasi Ubuntu Studio 9.10 ada dua cara. Pada artikel ini, saya ingin berbagi cara instal ubuntu studio 9.10 melalui live dvd. Berikut ini cara instal ubuntu studio melalui live dvd:
1. Jika anda telah memiliki file ISO dari Ubuntu Studio 9.10, anda bisa membuat DVD dari file tersebut. Jika belum, anda bisa mendapatkannya melalui download (maaf, saya belum tahu link downloadnya) atau dari Info Linux edisi Januari 2010.
2. Jika anda telah membuat DVD dari file ISO tersebut, maka boot komputer atau laptop anda dengan boot utama CD ROOM.
3. Pilih bahasa yang akan anda gunakan saat melakukan instalasi. Kemudian pilih menu instal Ubuntu Studio.

4. Jika anda memilih bahasa inggris, anda harus menentukan negara anda. Namun, jika memilih bahasa Indonesia, langsung masuk ke pilihan keyboard layout. Keyboard layout standar yang sering digunakan adalah keyboard USA.
5. Setelah memilih keyboard, maka scanning hardware akan berjalan secara otomatis.
6. Setelah itu, akan ada konfigurasi server internal. Anda bisa cancel proses ini dan melanjutkan proses yang lain. Atau anda bisa mengaturnya secara manual.
7. Setelah proses networking, anda akan masuk ke proses pemilihan partisi harddisk. Pilih partisi harddisk yang menurut anda cocok. Setelah itu, pilih format partisi tersebut. Apakah anda akan menggunakan Ext3 atau Ext4. Untuk mount point, pilih sebagai root. Anda juga bisa menamai partisi tersebut sesuai keinginan anda. Pada pilihan apakah anda akan melakukan formating harddisk, pilih yes dengan menekan tombol enter. Kemudian pilih selesai pemartisian.
8. Setelah selesai memilih partisi harddisk, anda akan dierikan pilihan. Apakan harddisk yang ada pilih akan diformat. Pilih yes untuk melanjutkan proses formating dan juga pemasangan base system pada harddisk yang telah anda pilih.
9. Setelah proses instalasi selesai, anda akan menuju ke menu user creator. Masukkan nama anda yang akan anda gunakan sebagai user. Setelah itu, masukkan password anda. Setelah anda memasukkan username dan password, anda akan mendapatkan pilhan apakah home directory anda akan anda enkripsi atau tidak. Jika ya, pilih ya.
10. Proses selanjutnya adalah konfigurasi apt. Akan muncul dialog apakah anda akan menggunakan proksi. Biarkan kosong jika anda tidak ingin menggunakan proxy saat instalasi. Karena jika menggunakan Proxy, anda harus terhubung ke internet.
11. Proses selanjutnya adalah pemilihan fitur yang akan anda gunakan dalam Ubuntu Studio. Untuk memilih, gunakan tombol spasi pada keyboard anda. Setelah anda selesai memilih, tekan enter untuk melanjutkan instalasi Ubuntu Studio 9.10 sesuai dengan fitur yang telah anda pilih.
12. Setelah selesai instalasi fitur yang anda pilih, maka proses selanjutnya adalah instalasi Grub. Akan muncul dialog apakah anda akan melanjutkan instalasi Grub dengan susunan OS yang tersedia. Pilih yes untuk melanjutkan instalasi.
Setelah instalasi Grub, maka proses instalasi akan memasuki tahap akhir. Setelah instalasi selesai, komputer, laptop atau notebook anda akan meminta restart. Setelah restart, anda bisa login sebagai user atau root Ubuntu Studio 9.10. Anda bisa menikmati fitur dari Ubuntu Studio 9.10. Untuk fitur, akan saya jelaskan pada artikel berikutya. Selamat mencoba.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar